Senin, 30 November 2009

Cara mengasah Pisau

Mempertajam/Mengasah Pisau/parang
Batu asah (batu terbuat dari pasir dan mineral besi) atau batu granit, bisa digunakan untuk mengasah pisau. Carilah batu asah yang memiliki sisi kasar dan sisi halus. Cara penggunaan: gunaan sisi kasar untuk menghilangkan karat/kotoran/bagian kasar pada mata pisau; dan lalu perhalus dan pertajam dengan menggunakan sisi halus batu asah. Tujuan mengasah, adalah mendapatkan mata pisau yang cukup tajam, bertahan lama, dan tidak tumpul.

Untuk mengasah pisau, pegang gagang dengan tangan kanan. Lalu dengan tangan kiri agak menekan dengan jari, asah mata pisau dengan gerakan searah jarum jam. Jaga agar sudut gerakan tetap dan batu asah selalu basah.

Jangan menarik pisau ke arah anda dengan menekannya. Hal ini bisa menimbulkan resiko permukaan mata pisau menjadi kasar.

Pada saatnya kurangi tekanan, dan ganti arah gerakan (berlawanan dengan arah jarum jam) untuk membuat mata pisau menjadi halus.

Biasakan memeriksa peralatan anda secara rutin, khususnya setelah menggunakannya untuk tugas-tugas berat. Hal ini mesti menjadi second nature.

2 komentar:

  1. putara se arah jarum jam itu saat posisi mata pisau menghadap ke mana? ke dalam (ke arah kita) atau ke luar (se arah dengan kita) ?

    BalasHapus
  2. Alat Pengasah Pisau atau Gunting Portable adalah Alat untuk memudahkan Anda mengasah pisau atau gunting secara instan. Alat ini mempunyai dudukan dengan alas karet menghisap di permukaan sehingga stabil pada saat Anda mengasah. klik di sini untuk info detilnya.

    BalasHapus